Template by:
Free Blog Templates

Minggu, 22 Agustus 2010

Membuat Virtual Memory

Sering kali kita bekerja sambil membuka beberapa aplikasi secara bersamaan hal ini menyebabkan komputer menjadi kehabisan memori.dan medapati komputer mengalami apa yang disebut "low memory" dimana kapasitas memori yang tersisa tinggal sedikit.
Mengupgrade hardware RAM (memori) kadang-kadang bukanlan solusi yang bijaksana selain harus bongkar-bongkar hardware juga dibutuhkan biaya untuk membeli memory dengan kapasitas lebih besar.



Ada cara darurat yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat virtual memory, teknik dimana sistem akan mengalokasikan sebagian isi hardisk untuk menjdi memori tambaha pada komputer. Alokasi sebagian isi hardisk ini dinamakan paging file.

Dibawah Ini adalah langkah-langkah membuat virtual memory pada komputer :

1. klik start > control panel > system dan akan muncul jendela "System Properties".
2.klik tab "Advanced" kemudian pada box "Performance" klik setting dan akan muncul jendela "Performance Option" lalu pilih tab "Advanced".
3. kemudian pada box "Virtual Memory" klik "Change" kemudian akan muncul daftar hardisk pada komputer kita,kemudian pilih salah satu drive untuk tempat virtual memory yang akan kita buat. Pilih drive yang berbeda dengan lokasi drive system,
4. kemudian klik pada "Custom Size" isikan initial size dan pada maximum size dalam MB.
  sebagai pedoman untuk nilai initial size kapsitas RAM sikali 1,5.
  sedangkan untuk nilai maximim size kapasitas dikalikan 3.
sebagai contoh misalkan kapasita RAM kita 256 maka nilai pada initial size adalah 384 MB, sedangkan maximum sizenya adalah 768 MB.
lalu kemudian klik OK. lalu OK dan OK lagi.

pastikan kapasitas hardiskan anda mencukupi untuk menampung kapasitas dari virtual memory tersebut.

selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar